10 Gedung Pencakar Langit Tertinggi di dunia

Dizaman modern ini telah banyak bermunculan gedung-gedung tertinggi didunia. Gedung pencakar langit ada yang tingginya lebih dari 500 M. Gedung tersebut fungsinya bermacam-maccam ada yang menjadi gedung perkantoran, menara telekomunikasi, hotel, perpustakaan, maupun tempat rekreasi.
Berikut 10 gedung pencakar langit tertinggi didunia.


1. Burj Khalifa
Burj Khalifa merupakan gedung pencakar langit Tertinggi didunia saat ini,gedung yang berlokasi di Dubai, Uni Emirat Arab ini dengan ketinggian 829,8 meter, Burj Khalifa tercatat sebagai gedung tertinggi di dunia, mengalahkan pemuncak posisi sebelumnya Taipei 101 dari negara Taiwan. Burj Khalifa diresmikan pada 4 Januari 2010 sebagai gedung multifungsi dan bangunan ini memiliki 160 Lantai. Bangunan yang diresmikan pada 4 Januari 2010 ini digunakan sebagai hotel, apartemen, mal, pusat observasi, sekaligus tempat rekreasi andalan di Dubai.

                                        

2. Abraj Al Bait
Arab Saudi merupakan negara kaya minyak di Zazirah Arab sehingga mereka Tak mau kalah dengan negara tetangganya Uni Emirat Arab, Arab Saudi juga ikut membangun gedung super tinggi bernama Abraj Al Bait. Gedung ini tinggi 601 meter ini berlokasi di kota Mekah yang menjadi destinasi wisata realigi utama bagi umat Muslim dari seluruh penjuru dunia. Bagian atas gedung dihiasi dengan jam super besar yang masih bisa terlihat dengan jelas meski dipasang di ketinggian lebih dari 500 meter. Jam di Abraj Al Bait merupakan yang terbesar dan tertinggi di dunia mengalahkan jam yang di inggris.
                                    

3. One World Trade Center
One World Trade Center tergolong sebagai gedung yang paling baru dibandingkan gedung-gedung tertinggi lainnya di dunia. One World Trade Center baru selesai dibangun pada 10 Mei 2013 lalu. Terletak di kawasan bisnis di pusat kota New York, Amerika Serikat, One World Trade Center berfungsi sebagai gedung perkantoran. Kini, gedung setinggi 541,3 meter ini menjadi gedung tertinggi di AS, mengalahkan pendahulunya Empire State Building.
                                    

4. Taipei 101
Taipei 101 sempat memegang predikat sebagai gedung tertinggi di dunia selama lebih dari 6 tahun sejak 2004. Mulai tahun 2010, posisinya digantikan oleh Burj Khalifa di Dubai yang lebih tinggi 1,6 kali dibanding Taipei 101. Namun, Taipei 101 tetap menjadi gedung kebanggaan Taiwan yang pernah menerima banyak penghargaan. Gedung setinggi 509 meter yang berlokasi di distrik Xinyi, Taipei, ini pernah dinobatkan sebagai gedung hijau tertinggi dan terbesar di dunia oleh Leadership in Economy and Environmental Design (LEED) pada Juli 2011. Bangunan Taipei 101 merupakan ikon dari modern di negara Taiwan. Sesuai dengan namanya yaitu Taipei 101, bangunan ini memiliki 101 lantai. Arti dari angka 101 ini adalah konsep untuk berjuang untuk melampaui kesempurnaan.
                                    

5. Shanghai World Financial Center
Negara berpenduduk terbanyak didunia Cina tak mau ketinggalan dengan negara-negara lainnya dalam hal arsitektur. Negara ini tak hanya menyimpan bangunan bergaya tradisional Cina tetapi juga gedung-gedung dengan bentuk yang modern dan unik. Maka tak heran jika salah satu gedung tertinggi di dunia berlokasi di Cina. Shanghai World Financial Center di distrik Pudong, Shanghai, menempati peringkat 5 gedung tertinggi dunia dengan ketinggian 492 meter. Sama seperti Burj Khalifa, Shanghai World Financial Center merupakan gedung multi fungsi yang digunakan sebagai gedung perkantoran, hotel, apartemen, pusat perbelanjaan, dan tempat observasi.
                                    

6. International Commercial Center
Salah satu gedung tertinggi di dunia kembali berlokasi di wilayah Asia Timur. negara pecahan cina juga tidak mau ketinggalan membangun gedung pencakar langit. International Commercial Center yang terletak di kawasan Tsim Sha Tsui, Hong Kong berada di peringkat ke-7 dengan ketinggian maksimal 484 meter. Gedung ini menjadi rumah dari hotel The Ritz-Carlton Hong Kong, observatorium Sky100, serta kolam renang tertinggi di dunia. Bagian-bagian gedung lainnya digunakan sebagai gedung perkantoran untuk perusahaan layanan keuangan terkemuka dunia seperti Morgan Stanley, Credit Suisse, dan Deutsche Bank.
                                                 

7. Petronas Tower
Menara kembar Petronas adalah bangunan tertinggi di Asia Tenggara, Petronas Tower menjadi salah satu gedung pencakar langit kebanggaan Malaysia selain Kuala Lumpur Tower. Petronas Tower terdiri atas 2 gedung identik yang dihubungkan dengan sebuah jembatan. Sejak tahun 1998, Menara Kembar Petronas memegang reputasi sebagai gedung tertinggi di dunia (452 meter). Posisi tersebut diambil alih oleh Taipei 101 pada tahun 2004. Meski demikian, Petronas Tower tetap menjadi gedung kebanggaan Malaysia dan menjadi salah satu destinasi wisata utama di Kuala Lumpur.
                                                

8. Zifeng Tower
Dari namanya, kamu mungkin sudah bisa menebak di mana lokasi gedung tinggi yang satu ini. Ya, Zifeng Tower berada di Cina, tepatnya di wilayah Nanjing, bagian timur Cina. Zifeng Tower terdiri dari 89 tingkat dengan ketinggian maksimal mencapai 450 meter. Bagian atasnya menjadi markas dari perusahaan-perusahaan Cina dan observatorium, sementara bagian bawahnya berfungsi sebagai hotel dan restoran.
                                                          


9. Wilis Tower
Asia tampak mendominasi daftar 10 gedung tertinggi di dunia, namun AS tak mau mengalah begitu saja. Negeri Paman Sam ini masih memiliki salah satu gedung tertinggi di dunia yaitu Wilis Tower yang berlokasi di Chicago, negara bagian illinois. Wilis Tower menjulang setinggi 442 meter dan tercatat sebagai yang tertua dalam daftar 10 gedung tertinggi di dunia. Sejak selesai dibangun tahun 1973, Wilis Tower menyandang gelar sebagai gedung tertinggi dunia selama 25 tahun tanpa tergantikan.
                                                           

10. Jin Mao Building
Lagi-lagi, Cina menjadi lokasi dari salah satu gedung pencakar langit tertinggi di dunia. Jin Mao Building di distrik Pudong, Shanghai, berada di urutan 10 dengan ketinggian 421 meter persegi. Sempat menjadi gedung tertinggi di Cina, ketinggian Jin Mao Building dikalahkan oleh tetangganya sendiri Shanghai Tower. Gedung tersebut berfungsi sebagai hotel, mal, restoran, dek observasi, serta pusat hiburan malam di kota Shanghai
                                                        
Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
evnu abiyoso
AUTHOR
20 Oktober 2014 pukul 11.40 delete

benar benar tinggi sekali gedung ini ,keren bila ada di atas ketinggian gedung ini . . . .
ijin share nya
Perumahan Baru Bekasi

Perumahan Baru Depok

Rumah Dijual didepok

Perumahan Baru Jakut

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
25 Agustus 2015 pukul 11.08 delete

Kalau aku ada dipuncak gedung ini bak debu bila dilihat dari prrmukaan lantai dasar sungguh kemajuan Iptek manusia sekarang.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
25 Agustus 2015 pukul 11.08 delete

Kalau aku ada dipuncak gedung ini bak debu bila dilihat dari prrmukaan lantai dasar sungguh kemajuan Iptek manusia sekarang.

Reply
avatar
18 Juni 2016 pukul 18.34 delete

Yang gedung indonesia juga masuk kok, lupa namanya apa.

Reply
avatar