10 Provinsi Terluas di Indonesia


  1. Provinsi Papua
    Provinsi Papua merupakan provinsi terluas diindonesia dengan luas 309.934,4 km2 dengan ibukota Jayapura.
    Provinsi Papua berbatas langsung dengan Negara Papua Nugini ditimur, Provinsi Papua Barat dan Maluku dibarat, Australia diselatan dan Samudra Pasifik diutara.
  2. Provinsi Kalimantan Tenga
    Provinsi Kalimantan Tenga merupakan provinsi terbesar ke-2 diindonesia serta yang pertama dipulau kalimantan. Luas Provinsi Kalimantan Tenga adalah 157.983 km2 dengan ibukota Palangka Raya.
    Provinsi Kalimantan Tenga berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan ditimur, Provinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur diutara, dan Laut Jawa diselatan.
  3. Provinsi Kalimantan Barat
    Provinsi Kalimantan Barat merupakan provinsi terluas ke-3 diindonesia dan ke-2 dipulau kalimantan dengan luas 146.807 km2 dengan ibukota Pontianak.
    Provinsi Kalimantan Barat berbatasan langsung dengan Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Tenga ditimur, Provinsi Kalimantan Tenga dan Laut Jawa diselatan, Provinsi Bangka Belitung dan Kepulauan Riau, dan Serawak (Malaysia) diutara.
  4. Provinsi Kalimantan Timur
    Provinsi Kalimantan Timur merupakan provinsi terluas ke-4 diindonesia dan ke-3 dipulau kalimantan dengan luas 129.066,64 km2 dengan ibukota Samarinda.
    Provinsi Kalimantan Timur berbatasan dengan Selat Makasar dan Provinsi Sulawesi Tenga ditimur, Selat Makasar dan Provinsi Kalimantan Selatan diselatan, Provinsi Kalimantan Tengan dan Kalimantan Barat dibarat, dan Sabah (Malaysia) ditimur.
  5. Provinsi Papua Barat
    Provinsi Papua Barat merupakan provinsi terluas ke-5 diindonesia atau yang ke-2 dipapua dengan luas 115.363,50 km2 dengan ibukota Manokwari.
    Provinsi Papua Barat berbatasan langsung dengan Provinsi Papua ditimur, Provinsi Maluku diselatan, Provinsi Maluku dan Maluku Utara dibarat, dan Samudra Pasifik diutara.
  6. Provinsi Riau
    Provinsi Riau merupakan provinsi terluas ke-6 diindonesia dan yg ke-1 dipulau sumatera dengan luas 88.672,67 km2 dengan ibukota Pekanbaru.
    Provinsi Riau berbatasan dengan Provinsi Kepulauan Riau ditimur, Provinsi Jambi dan Sumatera Barat diselatan, Provinsi Sumatera Barat dan Sumatera Utara dibarat, dan Selat Malaka diutara.
  7. Provinsi Sumatera Selatan
    Provinsi Sumatera Selatan meupakan provinsi terluas ke-7 diindonesia dan yang ke-2 dipulau sumatera dengan luas 87.017,41 km2 dengan ibukota Palembang.
    Provinsi Sumatera Selatan berbatasan dengan Selat Bangka dan Provinsi Bangka Belitung ditimur, Provinsi Lampung dan Bengkulu diselatan, Provinsi Bengkulu dan Jambi dibarat, dan Provinsi Jambi dan Bangka Belitung diutara.
  8. Provinsi Kalimantan Utara
    Provinsi Kalimantan Utara merupakan provinsi terluas ke-8 diindonesia dan ke-4 dipulau kalimantan dengan luas 85.618 km2 dengan ibukota Tanjung Selor.
    Provinsi Kalimantan Utara berbatasan dengan Laut Sulawesi ditimur, Provinsi Kalimantan timur diselatan, Serawak (Malaysia) dibarat, dan Sabah (Malaysia) diutara.
  9. Provinsi Sumatera Utara
    Provinsi Sumatera Utara merupakan provinsi terluas ke-9 diindonesia dan ke-3 dipulau sumatera dengan luas 72.981,23 km2 dengan ibukota Medan.
    Provinsi Sumatera Utara berbatasan dengan Provinsi Riau dan Selat Malaka ditimur,Provinsi Sumateta Barat dan Samudra Hindia diselatan, Samudra Hindia Provinsi Aceh dibarat, dan Selat Malaka diutara.
  10. Provinsi Sulawesi Tenga
    Provinsi Sulawesi Tenga merupakan provinsi terluas ke-10 diindonesia dan ke-1 dipulau sulawesi dengan luas 61,841.29 km2 dengan ibukota Palu.
    Provinsi Sulawesi Tenga berbatasan langsung dengan Provinsi Gorontalo, Maluku Utara dan Maluku ditimur, Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara diselatan, Provinsi Sulawesi Barat dan Selat Makasar dibarat, dan Laut Sulawesi diutara.
Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar
14 Januari 2016 pukul 01.37 delete

Papu yg terluas ternyata.

Reply
avatar
Mei Inarti
AUTHOR
14 Januari 2016 pukul 06.09 delete

Yg point tujuh Gan. Aku dari dulu pengen ke sana. Bnyak temen di sana. Tpi lum ksampaian. Mg2 kelak bisa berkunjung ke sn. Aamiin.

Reply
avatar
Tri Wahyudi
AUTHOR
14 Januari 2016 pukul 21.24 delete

amiiin..mudah2han dalam waktu dekat bisa kesana gan.

Reply
avatar