10 Bandara Dengan Landasan Pacu Terpanjang di Indonesia


  1. Bandara Internaional Hang Nadim Batam
    Bandara Internasional Hang Nadim Batam merupakan bandara dengan Runaway atau landasan pacu terpanjang diindonesia. Panjang runaway bandara hang nadim adalah 4025 meter atau 13270 feet.
    Bahkan panjang landasan bandara ini mengalahkan bandara tersibuk diindonesia yaitu bandara internsional soekarno-hatta yang panjangnya 3660 meter, sedangkan diasia tenggara mengalahkan bandara internasional changi disingapura 4000 meter, bandara suvarnabhumi Bangkok 4000 meter, hanya saja bandara hang nadim kalah dari bandara internasional mandalay yg terletak di myanmar dengan panjang landasan pacu 4268 meter yang menjadi bandara dengan landasan pacu terpanjang diasia tenggara dan bandara internasional kuala lumpur dengan panjang 4124 meter.

  2. Bandara Internasional Kualanamu Medan
    Bandara Internasional Kualanamu Medan adalah bandara dengan landasan pacu terpanjang ke-2 diindonesia dengan panjang runaway 3750 meter.
    Bandara yang terletak dikabupaten Deli Serdang ini mulai beroperasi 2 juli 2013 menggantikan bandara Polonia medan.
  3. Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta
    Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta adalah bandara dengan landasan pacu terpanjang ke-3 diindonesia dengan panjang 3660 meter.
    Bandara Internasional Soekarno-Hatta terletak di Cengkareng,Tangerang Banten merupakan bandara tersibuk diindonesia.

  4. Bandara Frans Kaisiepo Biak
    Bandara Frans Kaisiepo Biak adalah bandara dengan landasan pacu terpanjang ke-4 diindonesi dengan panjang 3571 meter.
    Bandara frans kaisiepo ini merupakan bandara dengan landasan pacu terpanjang dipapua.
  5. Bandara Sultan Hasanudin Makasar
    Bandara Sultan Hasanudin Makasar adalah bandara dengan landasan pacu terpanjang ke-5 diindonesi dengan panjang landasan 3100 meter.
    Bandara Sultan Hasanudin Maakasar merupakan bandara dengan landasan pacu terpanjang dipulau sulawesi.
  6. Bandara Internasional Juanda Surabaya
    Bandara Internasional Juanda Surabaya adalah bandara dengan landasan pacu terpanjang ke-6 diindonesia dengan panjang landasan 3000 meter.
    Bandara Internasional Juanda Surabaya terletak dikabupaten Sidoarjo.
  7. Bandara Internasional Ngurah Rai Denpasar
    Bandara Internasional Ngurah Rai Denpasar Bali merupakan bandara dengan landasan pacu terpanjang ke-7 diindonesia dengan panjang landasan 3000.
    Bandara Internasional Ngurah Rai terletak di Kuta.

  8. Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang
    Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang merupakan bandara dengan landasan pacu terpanjang ke-8 diindonesia dengan panjang landasan 3000 meter.
    Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II terletak di Palembang.
  9. Bandara Internasional Minangkabau Padang
    Bandara Internasional Minangkabau Padang merupakan bandara dengan landasan pacu terpanjang ke-9 diindonesi dengan panjang landasan 3000 meter.
    Bandara Internasional Minangkabau terletak di Padang.

  10. Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Banda Aceh
    Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Banda Aceh merupakan bandara dengan landasan pacu terpanjang ke-10 diindonesia dengan panjang landasan 3000 meter.
    Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda terletak di Aceh Besar

    TRIVIA
    Selain itu terdapat Bandara dengan Landasan Panjang yang sama yaitu 3000 meter antara lain Bandara Halimperdana Kusuma Jakarta.
    Namun ada juga bandara yang kini menjadi Pangkalan Udara dengan landasan pacu terpanjang antara lain Pangkalan Udara Iswahyudi Madiun dengan panjang landasan pacu 3050 meter dan Pangkalan Udara Soewondo yang dulu bandara Polonia medan dengan panjang landasan pacu 3000 meter.
    Tetapi kedepannya akan ada pergeseran peringkat bandara 10 besar diindonesia karena akan banyak dibangun Bandara baru antara lain Bandara Internasional Kota Jembrana dengan panjang landaasan pacu 3600 meter, Bandara Internasional Kertajati Majalengka dengan panjang landasan pacu 3500 meter, Bandara Internasional Kulon Progo dengan panjang landasan pacu 3250 meter, dan Bandara Internasional Samarinda Baru dengan panjang landasan pacu 3000 meter.
    Dan ada juga bandara yang rencananya akan diperpanjang landasan pacu yaitu Bandar Fatmawati Soekarno dari 2800 meter menjadi 3300 meter.
Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
Wisnu-N
AUTHOR
15 Januari 2016 pukul 16.49 delete

Kalo di dunia peringkat berapa ya? :v

Reply
avatar
Tri Wahyudi
AUTHOR
26 Februari 2016 pukul 01.19 delete

kalau didunia peringkat 81 gan.!

Reply
avatar